Tipe Karyawan Dilihat Dari Soft Skill dan Hard Skill Yang Dimiliki

Saat berada di dunia kerja, kamu akan berhadapan dengan banyak orang dengan berbagai karakter. Ada yang pendiam, ada yang baik, ada yang penyabar, ada yang punya leadership bagus, dan lain sebagainya. Untuk bisa mengenal lebih dalam tentang karyawan yang ada di tempat kerja, kamu bisa melihatnya melalui soft skill dan hard skill yang mereka miliki. Dengan mengetahui karakter yang mereka miliki, hal ini pastinya akan memberikan kemudahan untuk mengenal mereka lebih dekat. Selain itu, ini juga akan membantu kamu supaya bisa lebih gampang berinteraksi satu sama lain. Hal ini juga bisa mencegah rasa canggung pada saat berhadapan dengan mereka secara langsung di forum-forum yang tak terduga.

 

Karyawan Yang Memiliki Hard Skill Bagus, Tapi Soft Skill Kurang

prismaprofesional.com

Tipe yang satu ini lebih berfokus pada pekerjaan yang dilakukan daripada fokus pada interaksi dengan karyawan lain. Saat kamu melihat karyawan tipe ini masuk ke kantor, mereka akan cenderung langsung membuka laptop atau PC, kemudian bekerja. Bahkan mereka juga sangat jarang mau berinteraksi dengan orang lain. Seolah yang ada di pikirannya adalah yang penting pekerjaan mereka selesai dan melakukan rutinitas harian sebagaimana biasanya. Karyawan yang semacam ini biasanya harus diajak memulai pembicaraan terlebih dahulu. Mereka cenderung pasif untuk memulai pembicaraan, dan lebih suka mendengarkan orang lain yang berbicara duluan. Tapi dalam hal hard skill, biasanya performa mereka juga lumayan bagus, bahkan bisa lebih dari ekspektasi karena fokus mereka yang cukup maksimal dalam pekerjaan yang dijalaninya itu.

 

Karyawan Dengan Soft Skill Bagus, Tapi Hard Skill Kurang

prismaprofesional.com

Ada juga karyawan yang memiliki performa kurang bagus, atau hard skill-nya kurang, tapi dalam kemampuan soft skill mereka sangatlah istimewa. Disini bisa terlihat bagaimana mereka menjalin hubungan yang baik dengan rekan sesama kantor. Selain itu, karyawan semacam ini juga bisa menjadi pencair suasana yang bagus. Mereka mampu mengeluarkan bumbu humor di momen yang tepat. Karakter orang yang bagus dalam bidang soft skill ini juga bisa dilihat bagaimana cara mereka berhubungan dengan banyak orang. Mereka bisa bertutur kata dengan rapi dan tersturktur dengan baik.

 

Karyawan Dengan Hard Skill Bagus dan Soft Skill Bagus

prismaprofesional.com

Untuk karyawan tipe yang satu ini biasanya akan memiliki posisi yang bagus dalam perusahaan. Pasalnya dalam performa mereka mampu memberikan andil yang signifikan pada perkembangan perusahaan. Sementara mereka juga bagus dalam hal interaksi dengan orang lain. Biasanya posisi yang mereka jalani adalah sebagai manajer, supervisor, dan petinggi perusahaan dengan jabatan lainnya. Kemampuan bagus dalam bekerja, serta cara berinteraksi dengan orang lain yang tepat membuat orang semacam ini memiliki karir yang berpotensi tinggi untuk terus bersinar!

 

Karyawan Dengan Hard Skill Kurang dan Soft Skill Kurang

prismaprofesional.com

Tak bisa dipungkiri bahwa karyawan semacam ini pun juga ada di perusahaan. Ciri-ciri mereka adalah performa yang kurang bagus pada saat bekerja, tapi dalam hal interaksi pun mereka juga tidak bisa diandalkan. Mereka cenderung diam dan tidak menemukan solusi dalam masalah di dunia kerja. Tapi mereka juga tidak punya rekan yang bisa diajak untuk sharing satu sama lain.